Kesenjangan Digital dan Pasar Teknoogi Indoneia


Sektor idustri di bidang teknologi dan informatika merupakan salah satu sektor industri yang sedang berkembang saat ini. Berbagai bidang kebutuhan masyarakat di Indonesia lambat laun terkena dampaknya. Setiap orang kini mulai berlomba untuk mendapatkan akses yang murah, cepat ,dan berkualitas.
Banyaknya berbagai komunitas maya dan macam-macam fitur kemunculan platform Web 2.0. Platform tersebut membuat pengguna dapat saling berbagi sesuatu yang bersifat digital kepada pengguna lain, misalnya berbagi tulisan, berbagi file, hingga komuikasi dua arah.
Berbagai jenis perangkat lunak dan aplikasi yang ditawarkan semakin memanjakan bagi penggunanya. Peranti portabel seperti beragai jenis mobile phone yang menawarkan berbagai fitur ekslusif semakin membuat para pengguna internet mejadi lebih terpuaskan. Bisnis di bidang ini mempunyai pasar yang luas dan keutungan yang menjanjiknan di masa mendatang. Persaingan harga dan kualitas menjadi modal utama untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya.
Di tengah masyarakat yang haus akan teknologi, harga komputer, modem internet, laptop, dan berbagai layanan internet semakin menjanjikan. Namun kondisi ini membuat masalah baru pada pemerataan penggunaan layanan internet yang adil untuk seluruh masyarakat Indonesia. Penggunaan layanan tersebut hanya dirasakan pada masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Sedangkan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota bahkan di desa harus lebih sabar dan banyak belajar tentang teknologi yang sedang berkembang pesat di Negara ini.
Hal ini yang menyebabkan kesenjangan digital. Kesenjangan digital dipengaruhi oleh tingakat pengusaan dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah seharusnya lebih perduli untuk dapat memeratakan teknologi sampai ke sudut-sudut kota terpencil agar masyarakat di daerah tersebut dapat mersakan betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar